Pages - Menu

Senin, 19 November 2012

sejarah rumah domes

Rumah domes terletak di dusun Nglepen, Desa Sumberharjo Prambanan, sleman Yogyakarta. Rumah Domes tersebut merupakan bantuan dari NGO ketika Yogyakarta ditimpa musibah gempa bumi. Di permukiman Nlepen ini terdapat 80 bangunan dengan desain rumah dome yang dilengkapi fasilitas musholla, rumah kesehatan, dan balai pertemuan yang juga sering dimanfaatkan untuk acara hajatan. Permukiman domes ini saat ini dikenal dengan nama New Nglepen.
Selain bentuknya yang unik karena diadaptasi dari model rumah Igloo yang menjadi rumah suku Eskimo, keunggulan dari rumah model dome ini adalah tahan terhadap gempa karena tidak adanya sambunganyang merupakan titik lemah dari bangunan ketika diguncang gempa. Selain dapat menahan gempa, rumah ini juga mampu menahan terpaan angin hingga berkecepatan 450km/jam meskipun kelebihan tersebut jarang dimanfaatkan oleh Indonesia yang beriklim tropis.
Rumah domes terdiri dari dua lantai dengan luas bangunan sekitar 38 meter persegi. Ruang bawah biasanya digunakan untuk ruang tamu, ruang makan, kamartidur sebanyak 2 ruang dan dapur. Sedangkan lantai atas digunakan untuk ruang keluarga. Rumah ini memiliki desain dua pintu yaitu bagian depan dan belakang, dua pintu kamar, serta empat buah jendela yang terletak di bagian depan dua buah dan kamar tidur dua buah. Selain itu pada bagian puncak 
domes terdapat ventilasi yang berfungsi untuk mengalirkan udara ke dalam rumah.
Setiap rumah domes dilengkapi dengan sarana saluran air di dapur. Namun kekurangan dari rumah tipe ini adalah karena kamar mandi terletak di luar rumah. Kamar mandi terletak pada lokasi yang berbeda yang terdiri dari 8 kamar mandi untuk digunakan secara bersamaan. Lokasinya berada di tengah-tengah blok dan berfungsi melayani 12 unit rumah disekitarnya.
Rumah domes Nlepen saat ini menjadi objek kunjungan wisatawan setelah mengunjungi Candi Prambanan. Hal tersebut dikarenakan bentuk arsitektur rumah domes yang unik dan merupakan satu-satunya di Indonesia. Lokasi ini dapat menjadi alternatif untuk wisatawan untuk mempelajari arsitektur bangunan yang unik dan berbeda.
Akses menuju lokasi rumah Domes ini sangat mudah dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat karena selain berada di tengah kota Yogyakarta, jalan menuju lokasi ini sudah sangat terjamin dan dikeloal dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar